Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum
Zulfi Yanwar Hidayatul Wujdan
Pendidikan IPS 3-B
Prinsip
memiliki makna sebagai sebuah azas, dasar,keyakinan dan pendirian.untuk itu
kurikulum sebagai proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan di sekolah sudah
seharusnya disusun dengan memerhatikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum yang disusung oleh Nana Syaodih Sukmadinata (1997) lebih
membahas pada prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang dibagi kedalam dua
kelompok, yaitu :
1) prinsip-prinsip
umum : relevansi (membahas mengenai komponen tujuan, bahan, strategi,
organisasi, dan evaluasi) fleksibilitas (prinsip yang luwes, lentur dan
fleksibel), kontinuitas (kesinambungan jejang pendidikan baik secara
vertikal maupun horizontal) , praktis (kurikulum yang dikembangankan dengan
aplikabilitas lapangan), dan efektivitas (mengarah pada kejelasan dari suatu
tujuan pembelajaran),
2) prinsip-prinsip
khusus : prinsip berkenaan dengan tujuan pendidikan, prinsip berkenaan dengan
pemilihan isi pendidikan, prinsip berkenaan dengan pemilihan proses belajar
mengajar, prinsip berkenaan dengan pemilihan media dan alat pelajaran, serts
prinsip berkenaan dengan pemilihan egiatan penilaian.
Sumber :
- Sudrajat Akhmad. (2008). Prinsip
Pengembangan Kurikulum.[Online] : https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/31/prinsip-pengembangan-kurikulum/
- Susilana Rudi. Prinsip Pengembangan
Kurikulum.[Online] : http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/196610191991021-RUDI_SUSILANA/KP3-PRINSIP_PENGKUR.pdf
- Windarti Wahyu. (2014). Prinsip –
Prinsip Dalam Pengembangan Kurikulum. [Online] : http://wahyuwindarti.blogspot.co.id/2014/11/jurnal-ilmiah-prinsip-prinsip-dalam.html
0 komentar:
Posting Komentar