ruangan ini menyediakan sebagian informasi yang diperlukan,,

Rabu, 28 September 2016



Empat Landasan Pengembangan Kurikulum
Zulfi Yanwar Hidayatul Wujdan
Pendidian IPS 3-B



Kurikulum sebagai suatu perangkat yang pada hakikatnya merupakan usaha untuk mencari bagaimana rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu lembaga.  Berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 Bab X tentang kurikulum, pasal 36 ayat 1 bahwa pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Suatu kurikulum diharapkan memberkan landasan, isi dan menjadi pedoman
Dalam mewujudkan pengembangan kurikulum ini harus di dasari oleh suatu landasan pengembangan yang jelas sebagai mana yang dikemukakan oleh Nana Syaodih Sukmadinata (1997) bahwa terdapat empat landasan utama dalam pengembangan kurikulum, yaitu:
1.      Landasan filosofis,
2.      Landasan psikologis,
3.      Landasan sosial-budaya,
4.      Ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

Sumber :
Sudrajat Akhmad.2008.Landasan Kuriulum. Diakses dari :
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/22/landasan-kurikulum/
https://independent.academia.edu/ZulfiYanwar/Analytics#/activity/overview?_k=o6slf8
06.58 No comments » by zulfiyanwar
Posted in ,

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter