Empat
Landasan Pengembangan Kurikulum
Zulfi
Yanwar Hidayatul Wujdan
Pendidian
IPS 3-B
Kurikulum
sebagai suatu perangkat yang pada hakikatnya merupakan usaha untuk mencari
bagaimana rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan untuk mencapai tujuan tertentu
dalam suatu lembaga. Berdasarkan UU No.
20 tahun 2003 Bab X tentang kurikulum, pasal 36 ayat 1 bahwa pengembangan
kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk
mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Suatu kurikulum diharapkan memberkan
landasan, isi dan menjadi pedoman
Dalam
mewujudkan pengembangan kurikulum ini harus di dasari oleh suatu landasan
pengembangan yang jelas sebagai mana yang dikemukakan oleh Nana Syaodih
Sukmadinata (1997) bahwa terdapat empat landasan utama dalam pengembangan
kurikulum, yaitu:
1. Landasan filosofis,
2. Landasan psikologis,
3. Landasan sosial-budaya,
4. Ilmu pengetahuan dan tekhnologi.
Sumber :
Sudrajat
Akhmad.2008.Landasan Kuriulum. Diakses dari :
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/22/landasan-kurikulum/https://independent.academia.edu/ZulfiYanwar/Analytics#/activity/overview?_k=o6slf8
0 komentar:
Posting Komentar